Jeff Bezos Mundur dari Jabatan CEO Amazon

posted in: Bisnis 0

Pendiri Amazon, Jeff Bezos, pada hari Senin (5/7) menyerahkan jabatan Chief Executive Officer (CEO) Amazon kepada Andy Jassy, setelah lebih dari dua dekade, tepatnya 26 tahun, memimpin perusahaan Amazon. Mulai dari Amazon yang menjual buku online sampai menjadi ritel global, logistik, dan raksasa internet senilai $1,75 triliun.

Bezos ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk usahanya yang lain, termasuk Washington Post dan perusahaan luar angkasa Blue Origin. Bezos masih akan memiliki pengaruh luar biasa di Amazon (AMZN), ia masih menjadi pemegang saham individu terbesar, mentor bagi CEO yang akan datang, dan perannya memimpin dewan.

Pada bulan Juni lalu, Bezos memiliki 51,2 juta saham – atau sekitar 10% – saham Amazon, jauh lebih banyak dari pemegang saham terbesar berikutnya Vanguard Group, yang memegang sekitar 6,5%. Bezos mundur bersamaan dengan laporan pendapatan perusahaan. Dalam laporan tersebut, Amazon membukukan US$100 miliar dollar.

Mundurnya Bezos sebagai CEO tepat pada saat yang penting bagi Amazon. Pandemi menciptakan permintaan besar-besaran untuk layanannya, yang menyebabkan peningkatan laba dan perekrutan. Tetapi pertumbuhan eksplosif perusahaan ini memancing perhatian regulator, beberapa di antaranya percaya Amazon tumbuh terlalu besar. Di sisi lain, Amazon sedang menghadapi kritik tentang perlakuan perusahaan terhadap pekerja gudang. Bezos sempat berjanji agar hal ini segera ditangani, namun belum ada kepastian hingga saat ini. Mundurnya Bezos juga dapat membantu melindunginya dari beberapa kritik anggota parlemen.

(Sumber foto: REUTERS/Rex Curry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.