Racket Boys, SBS Minta Maaf, Apa Masalah Selesai?

posted in: Hiburan & Gaya Hidup 0

Racket Boys, drama yang ditayangkan di Seoul Broadcasting Station (SBS) dan bisa ditonton di Netflix, menampilkan adegan dan dialog yang dianggap menyinggung Indonesia oleh warganet. Warganet pun menyerang akun SBS dan membuat petisi meminta SBS segera minta maaf kepada Indonesia di website petisi online, change.org.

SBS kemudian meminta maaf di kolom komentar Instagram @sbsnow_insta, dengan menggunakan Bahasa Indonesia SBS mewakili tim produksi Racket Boys menyampaikan bahwa tidak ada maksud untuk menyinggung atau merendahkan Indonesia di tayangan tersebut.

Berikut isi lengkap pernyataannya:

Kami dari tim produksi [Racket Boys] menyampaikan permohonan maaf mengenangkan pertandingan yang tersiar di episode 5, kami tidak bermaksud untuk merendahkan negara, pemain atau penonton tertentu.

Namun demikian, kami mohon maaf atas beberapa adegan yang telah menyinggung pemirsa kami dari Indonesia.

Kami akan memperhatikan dengan seksama untuk episode selanjutnya.

Namun, warganet masih belum puas dengan permintaan maaf dari pihak SBS karena permintaan maaf ini dilakukan di kolom komentar dan bukan berbentuk postingan resmi. Salah satu warganet berkomentar “We Indonesians demand not only an official apology, but also the removal of drama scenes that offend Indonesia. racket boys”. Banyak komentar serupa yang meminta SBS melakukan permintaan maaf resmi dan menghapus adegan drama yang menyinggung Indonesia.

Adegan dan dialog dalam Racket Boys yang dianggap menyinggung Indonesia (Sumber: Twitter)

Adegan dalam drama yang dianggap menyinggung Indonesia adalah ketika pelatih sedang mengobrol di dalam sebuah restoran. Salah seorang pelatih mengeluh tentang buruknya fasilitas latihan dan penginapan yang disediakan oleh Indonesia. Dalam adegan lainnya, Han Se Yoon, salah satu tokoh utama dalam drama ini, mengeluh tentang teriakan pendukung Indonesia yang membuat suasana kurang kondusif saat bertanding.

Jang Hansol, salah satu Youtuber Korea yang lama tinggal di Indonesia, berkomentar soal ini di channel Youtube-nya Korea Reomit. Hansol mengungkap tanggapan orang-orang Korea tentang drama atau kejadian ini, Hansol berkata sebagian besar berkomentar kalau drama ini malu-maluin negara (Korea), karena sekarang drama Korea bukan hanya ditonton oleh orang Korea, tapi juga orang-orang dari negara lain, apa gunanya kalau drama ini mendapatkan ulasan positif di Korea, tapi membuat orang dari luar negeri tidak menyukai drama Korea, ini merupakan kehilangan yang lebih besar.

Hansol juga menyayangkan pihak SBS yang melakukan permintaan maaf di kolom komentar. “Alangkah baiknya kalau kata maafnya atau maksud minta maafnya bisa diutarakan di postingan baru,” katanya.

Racket Boys sendiri telah mendapatkan ulasan negatif pasca adegan di episode 5 yang dianggap menyinggung Indonesia. Hingga saat artikel ini ditulis, penilaian untuk Racket Boys di IMDb 3.9/10 dan hanya 7% pengguna Google yang menyukai drama ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *