Mengenal Tipe-tipe Vaksin Covid-19 di Dunia

posted in: Kesehatan & Olahraga 0

Ada 4 tipe vaksin Covid-19 yang ada di dunia, berdasarkan data dari Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI). Empat (4) tipe vaksin itu adalah mRNA, Adenovirus, protein, dan inactivated.

mRNA adalah tipe vaksin yang dikembangkan dari coding RNA yang memberi instruksi kepada sel untuk membuat protein yang memicu respon imun dalam tubuh kita. Respon imun yang diproduksi oleh antibodi akan melindungi kita dari virus SARS-COV-2 menyerang tubuh kita. Contoh vaksin Covid-19 yang menggunakan mRNA adalah Pfizer dan Moderna.

Adenovirus adalah tipe vaksin berbasis vektor virus, dengan melemahkan virus untuk mengirimkan antigen ke dalam tubuh penerima vaksin. Kemampuan virus dalam menularkan penyakit ke dalam sel memproduksi jumlah antigen tinggi yang mampu meningkatkan respon imun tubuh. Contoh vaksin Covid-19 yang menggunakan Adenovirus adalah AstraZeneca, Gamaleya, CanSino, dan Johnson & Johnson.

Protein adalah tipe vaksin berbasis protein terbuat dari bagian virus (protein antigen) yang sudah dipurifikasi serta mampu memicu munculnya respon imun. Contoh vaksin Covid-19 yang menggunakan protein adalah vaksin yang dikembangkan Vector Institute dan Novavax. Keduanya sudah melakukan uji klinis 3, namun masih belum luas penggunaannya. EpiVacCorona, vaksin Covid-19 yang dikembangkan Vector Institute, digunakan terbatas di Rusia dan Turkmenistan.

Tipe vaksin tidak aktif (inactivated) menggunakan metode pengembangan vaksin yang sudah teruji dan terpercaya. Dalam tipe vaksin ini, virus diproses menggunakan panas, senyawa kimia atau radiasi sehingga mereka tidak dapat bereplikasi tetapi masih mampu memicu munculnya respon imun. Contoh vaksin Covid-19 yang menggunakan tipe vaksin inactivated adalah Sinovac dan Sinopharm.

Saat ini vaksin yang banyak digunakan di berbagai negara di dunia adalah AstraZeneca, Gamaleya, dan Pfizer. Di Indonesia sendiri saat ini vaksin Covid-19 menggunakan vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm. Sampai 22 Juni 2021, yang sudah mendapatkan vaksin lengkap di Indonesia berjumlah 12.583.389 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *