Apakah Kita Boleh Melakukan Swab Tes Covid-19 Sendiri?

posted in: Kesehatan & Olahraga 0

Belakangan ini banyak alat tes swab antigen yang diperjualbelikan secara bebas di e-commerce atau di media sosial. Sebenarnya apakah kita boleh melakukan swab tes antigen sendiri? Jawabannya penggunaan alat tes swab antigen ini sebenarnya tidak boleh sembarangan dan sebaiknya dilakukan oleh tenaga kesehatan dan di lab yang sudah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Penggunaan alat swab tidak sesederhana mengusap dan memasukkan tangkai swab ke dalam hidung, kalau salah menggunakannya maka akan ada risiko cedera dan hasilnya pun tidak akurat. Tujuan dilakukan pengecekan tes swab antigen adalah untuk mengetahui apakah di tubuh kita ada virus Covid-19 atau tidak. Kalau malah cedera atau ada risiko hasil tidak akurat, tujuan tadi tidak akan tercapai.

Hasil tes yang salah juga akan membuat kita lengah dan kurang waspada. Misalnya hasil menunjukkan negatif, tapi sebenarnya positif. Alat tes swab yang dibeli di e-commerce atau media sosial pun tidak ada yang bisa menjamin keasliannya.

Selain itu, pengambilan tes swab sendiri tanpa bantuan tenaga kesehatan juga dapat memicu keluarnya droplets dari hidung dan mulut, apabila tidak hati-hati maka bisa meningkatkan potensi penularan Covid-19.

Sebaiknya untuk kamu yang ingin tes swab, tetap datang ke lab, klinik, atau rumah sakit yang melayani tes swab antigen atau pun PCR, dibanding kamu membeli alat tes swab di e-commerce atau media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.