Wisata Kuliner Cirebon

posted in: Opini 0

Oleh: Jajaka Kota Cirebon – Irham Rasyadi

Kota Cirebon, The Gate Of Secret, Kota yang terletak di pesisir pantai jawa dan  merupakan perbatasan antara jawa tengah dan jawa barat, tersimpan didalamnya sejuta pesona,  dan juga rahasia. Sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Barat, Kota Cirebon menawarkan  banyak pesona mulai dari wisata sejarah tentang kejayaan kerajaan Islam, terdapat 4 keraton sekaligus di dalam kota, Batik Megamendung-nya yang indah, serta Tari Topeng  Panca Wanda (Lima Rupa) yang memiliki filosofinya masing-masing. Akan tetapi di balik itu semua, Cirebon memiliki wisata kuliner yang tak bisa dilewatkan jika kita berkunjung ke kota udang ini, banyak sekali kekhasan yang bisa kita temui dari sederet daftar kuliner khas kota Cirebon yang umumnya bercitarasa asin dan pedas. Berikut adalah beberapa kuliner khas yang bisa jadi  rekomendasi saat berkunjung ke Kota Cirebon:

  1. Nasi Jamblang

Sega Jamblang atau Nasi Jamblang. Sega Jamblang pada awalnya sebenarnya  diperuntukan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda yang sedang membangun jalan raya  Daendels dari Anyer ke Panarukan. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai  bungkus nasi. Dibungkus dengan daun jati, tujuannya agar bisa tahan lama dan tetap terasa  pulen. Aneka pilihan menu yang ditawarkan antara lain sambal goreng, paru, semur  hati/daging, perkedel, sate kentang, telur, ikan asin, tahu dan tempe otak goreng dan sambel  cabe merah, tidak ketinggalan blakutak, sejenis cumi-cumi yang dimasak bersama tintanya.  Walaupun menunya sangat beraneka ragam, namun harga makanan ini relatif sangat murah.

2. Empal Gentong

Dinamakan empal gentong karena cara memasaknya yang khas menggunakan gentong.  Isinya sendiri merupakan empal yang terdiri dari potongan-potongan daging. Daging yang  umum digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Makanan yang berkuah kental dan  bersantan ini serta dipenuhi dengan daging dan di taburi dengan irisan daun kucai ini sungguh  lezat. Teman makannya adalah nasi ataupun lontong. Anda tinggal pilih mana yang lebih anda  suka. Sambal empal gentong juga sangat unik berupa saripati cabai merah kering yang  ditumbuk halus. Hati-hati jika menggunakannya karena rasanya cukup pedas.

3. Tahu Gejrot

Makanan ini berupa tahu yang di potong kecil-kecil ditaruh di atas piring kecil terbuat dari  tanah liat kemudian disajikan dengan bumbu gula merah, cabai serta bawang merah dan  bawang putih yang diulek. Dinamakan tahu gejrot sebab bumbu cair yang digunakan sebagai penyedap dialirkan lewat botol dengan cara diguncangkan sehingga timbul bunyi “gejrot”  berulang kali.

4. Docang

Makanan khas yang merupakan perpaduan dari lontong, daun singkong, toge, krupuk  dengan diberi kuah isian berupa bumbu oncom atau biasa juga di sebut dengan dage semacam  tempe gembos yang telah dihancurkan. Atasnya di beri parutan kelapa muda. Rasanya cukup  unik dengan rasa khas kuah oncom, nikmat apabila disajikan dalam keadaan panas.

5. Nasi Lengko

Makanan khas yang cukup sederhana ini sarat akan protein dan serat serta rendah kalori.  Penyajiannya berupa nasi putih yang panas, tempe goreng, tahu goreng, mentimun segar yang  telah dicacah, tauge rebus, irisan daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang (seperti bumbu  rujak) terakhir di beri kecap manis dan disiramkan ke atas semua bahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.