Pentingnya Profil Digital untuk Usaha UMKM

Pentingnya Profil Digital untuk Usaha UMKM

posted in: Opini 0

Jakarta, Pranala.News –Para pelaku usaha di era teknologi mau tidak mau harus bertransformasi dari konvensional ke digital. Mengingat hasil survei We Are Social mengungkapkan bahwa aktivitas transaksi belanja online masyarakat Indonesia pada tahun 2019 sebanyak 86% dan sebanyak 93% pengguna internet di Indonesia melakukan pencarian barang atau jasa secara online. Penjelasan di atas menunjukan bahwa potensi belanja online berkembang cukup signifikan di Indonesia.

Hal ini disebabkan  akses mengunjungi toko online lebih mudah, dan dekat dengan konsumen karena pengunjung dapat mengakses setiap saat tanpa batas waktu. Namun, kemudahan tersebut tak jarang malah menimbulkan boomerang bagi pelaku UMKM itu sendiri, dimana pengguna lain bisa meniru profil usaha kita lalu menipu konsumen. Tentunya hal ini menjadi mimpi buruk bagi para pelaku usaha karena tindakan tersebut akan memunculkan citra buruk pada usaha kita. Untuk menghindari dan meminimalisir tindakan pemalsuan tersebut, kita dapat menggunakan profil digital sebagai pranala resmi usaha kita yang tentunya akan memudahkan kita untuk mempublikasikan berbagai informasi, baik deskripsi usaha, katalog produk, update promo, dan kontak layanan. 

Profil digital menjadi penting bagi pemilik usaha karena selain menghindari peniruan identitas usaha yang menimbulkan penipuan online dapat diminimalisir. Penggunaan profil digital juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Mengingat profil digital akan sangat memudahkan pengunjung untuk mengetahui berbagai deskripsi layanan jasa atau katalog produk, struktur pemilik usaha, sumber daya manusia, serta reputasi usaha bahkan juga deskripsi sejarah, hingga perkembangan usaha yang dimiliki. Hal ini sejalan dengan hasil survei Reputation Rhino yang mengungkapkan bahwa 81% persepsi dan keputusan konsumen mengenai sebuah bisnis, perusahaan, maupun produk sangat terpengaruh oleh hasil pencarian online.

Penggunaan profil digital dapat menolong usaha kita untuk berhubungan dengan calon klien, calon karyawan serta media karena pengunjung profil digital dapat lebih mengenal identitas usaha kita. Untuk itu penting bagi pelaku usaha UMKM untuk memiliki profil digital sebagai pranala resmi usahanya. 

Berikut tiga contoh profil digital yang bisa dijadikan acuan profil usaha kita, diantaranya: 

  1. UKM Indonesia 
Profil digital UKM Indonesia

Tampilan profil digital UKM Indonesia tampak bersih dan mengusung tema sederhana, namun tetap menarik perhatian. Fitur-fitur pemilihan bahasa sangat memudahkan pengunjung untuk memahami informasi sesuai bahasanya. Optimalisasi fitur LinkTree dalam Pranala.Link memudahkan pengunjung untuk langsung bergabung di komunitas ataupun program yang disediakan oleh UKM Indonesia. Selain itu fitur add contact yang tersedia di profil digital tersebut dapat memudahkan pengunjung untuk menyimpan otomatis ke kontak ponsel pengunjung.

  1. Segaskin
Profil digital Segaskin

Tampilan lainnya yang dapat kita jadikan acuan sebagai profil digital usaha kita yakni profil digital Segaskin. Aplikasi yang digunakan segaskin menyediakan berbagai fitur yang mendukung optimalisasi profil usaha kita, seperti portofolio produk atau jenis layanan, menyediakan video greeting, dan mengoptimalkan fitur add to contact. Berbagai fitur tersebut sangat membantu segaskin untuk mengenalkan produk dan layanannya dengan mudah dan hanya melalui satu pranala saja.

  1. Eden Farm
Profil digital Eden Farm

Eden Farm menjadi profil ketiga yang dapat dijadikan contoh profil digital untuk usaha karena perusahaan tersebut lengkap mencantumkan deskripsi usaha pada halaman informasi dan juga mengoptimalkan penggunaan Link Page dan Contact Page.
Dapat disimpulkan bahwa beberapa profil digital yang dapat dijadikan pedoman untuk membuat profil digital usaha tersebut telah melakukan optimalisasi fitur layanan yang tersedia di Pranala.Link. Hal ini tentunya sangat membantu dan memudahkan klien dalam mengenali jenis produk yang ditawarkan, mengenali deskripsi usaha dan struktur kepengurusan serta kredibilitas pemilik di balik usaha tersebut. Selain itu, penggunaan akun premium dari Pranala.Link menjadi suatu tolok ukur bahwa keberadaan usaha dan seluruh informasi yang ditampilkan dalam profil digital tersebut sudah melalui tahapan validasi data. Keamanan data dan informasi tersebut tentunya akan meminimalisir terjadinya penipuan atau pemalsuan yang mengatasnamakan usaha atau produk usaha kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *