5 Amalan Utama di Bulan Ramadhan yang Harus Ditingkatkan

posted in: Opini 0

Bulan ramadhan merupakan bulan hijriah yang paling ditunggu umat muslim. Pasalnya, di bulan ini seluruh ibadah umat muslim akan dilipatgandakan berkali lipat dan tentunya momen ini menjadi kesempatan untuk kita bertaubat. Mengingat di bulan ramadhan seluruh pintu ampunan dari Allah SWT dibuka selebar-lebarnya. Untuk mendapatkannya, tentunya kita perlu meningkatkan 5 amalan berikut: 

  1. Berpuasa

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan rukun Islam yang ketiga setelah membaca syahadat dan menegakkan shalat lima waktu. Tanpa melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, maka umat Islam belum sempurna rukun Islamnya. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

“Islam dibangun di atas lima perkara, yakni syahadat bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan salat, menunaikan zakat, haji, dan puasa di bulan Ramadan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Selain itu, Allah SWT berfirman yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”, (Al Baqarah Ayat 183).

Kemudian, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu, dan barangsiapa sholat di malam lailatul qadar karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu”, (HR Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra).

  1. Sholat Tarawih

Salah satu amalan sunah yang dilakukan khusus pada bulan suci Ramadhan adalah shalat tarawih. Kebiasaan baik yang dilakukan setelah sholat Isya ini dikatakan memiliki keutamaan dan pahala yang besar.

Dilansir dari islam.nu.or.id, ada beberapa hadis yang menjelaskan tentang keutamaan tarawih. Satu di antaranya hadis Nabi riwayat Imam al-Bukhari, Muslim dan lainnya:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa sholat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”, (HR Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra).

  1. Perbanyak Sedekah

Keutamaan sedekah di bulan Ramadhan ini berdasarkan riwayat hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi “Dari Anas dikatakan, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?’ Rasul menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan,’ 

Selain itu, keutamaan sedekah di bulan Ramadhan adalah memperoleh pahala yang berlipat ganda. Seperti diketahui, bahwa Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi setiap umat muslim yang melaksanakan ibadah atau amalan sunnah.

  1. Melaksanakan sahur

Melaksanakan sahur sebelum berpuasa memiliki manfaat sebagai cadangan tenaga dalam melakukan aktivitas sehari hari saat puasa. Sahur merupakan sunnah pada bulan suci Ramadhan. Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa terdapat banyak keberkahan dalam sahur.

“Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

  1. Membaca Al-Quran

Selama bulan Ramadhan, umat Islam pun sangat dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an dan mengkhatamkannya. Hal tersebut sejalan dengan hadits berikut:

وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

“Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya. (H.R. Bukhari)

Itulah beberapa amalan utama yang harus ditingkatkan di bulan ramadhan yang penuh berkah ini. Semoga kita semua dapat diberikan kelancaran waktu dan tenaga untuk meningkatkan lima amalan utama tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *